Turangganing Wanita

Setahu saya, katuranggan adalah ilmu tentang sifat suatu benda/manusia/hewan berdasarkan penampakan fisiknya. Bukan sepenuhnya hal mistis karena katuranggan itu masuk dalam jajaran ilmu titen alias ilmu yang diperoleh berdasar pengamatan terhadap sekelompok orang dengan kriteria tertentu, semacam survey begitu.

Sedangkan turangganing wanita adalah ilmu katuranggan yang membahas wanita. Jadi ilmu ini berusaha menguak misteri wanita berdasarkan penampilan fisiknya, berdasarkan ciri-ciri yang ada pada dirinya. Selain katuranggan yang membahas wanita ada pula ilmu katuranggan yang membahas tentang burung perkutut, keris dll.

Meskipun sifat dan perilaku manusia itu dipengaruhi oleh lingkungan, emosi, masa lalu dan faktor kejiwaan namun tidak dapat dipungkiri bahwa dalam diri manusia terdapat serangkaian sifat yang merupakan bawaan dari lahir dan semua itu tergaris dalam bentuk fisik. Misalnya?

Wah, kalau contoh saya tidak berani memberikan karena kuwatir nanti Anda menganggap saya menjustifikasi tipe wanita bertubuh X itu sifatnya Y. Sama sekali bukan untuk menjustifikasi sebenarnya, melainkan untuk sekedar waspada bahwa setiap orang mempunyai potensi untuk melakukan hal-hal yang tidak kita duga sebelumnya karena kita merasa sudah kenal banget dengan orang itu.

Lalu apa intinya? Saya cuma ingin seyogyanya setiap lelaki memahami –meskipun sedikit– ilmu ini. Minimal Anda pernah baca, sebatas untuk pengetahuan belaka. Wanita yang selama ini Anda kenal baik sekalipun, masih mempunyai peluang untuk berbuat sesuatu di luar perkiraan Anda. Bukannya curiga, tapi semua sifat itu sesungguhnya sudah tergambar dalam bentuk fisik.

Sayangnya dari beberapa referensi tentang ilmu katuranggan yang saya temukan di internet kebanyakan membahas perilaku seksual wanita berdasarkan penampilan fisik mereka. Padahal ada beberapa hal yang jauh lebih penting daripada kegiatan seksual, meskipun kegiatan seksual adalah hal yang penting juga –dan yang membuat saya bertanya-tanya kenapa candi-candi itu hanya menampilkan gambar lingga dan yoni tanpa asesoris yang lain.

Inspirasi:
Tipe wanita jawa ideal menurut kamasutra jawa
Gairah wanita berdasar primbon Jawa

33 Comments

Add yours →

  1. jadi… wanita seperti apa pilihanmu jeng ?
    yang ber badan X dan bersifat Y ?

  2. Kalo saya sih suka semua jenis wanita Dab 😀

  3. jaman dulu berati mesum bgt ya ndal

  4. *menanggapi anang*

    heeh nang 😀

  5. moco serat centhini dab, sip kuwi

  6. kudune profilmu diganti:
    Yeni Setiawan. Male, happy living dukun, Kamasutra user, Women lover and a time…

  7. saya nggak percaya ilmu katuranggan untuk manusia. maaf. menurut saya itu nggak logis.

  8. seperti sedang diajar sejarah baca postingan ini, wogh lingga dan yoni

  9. saya juga ngga percaya

  10. Puasa…
    Puasa…

    *siyal-siyul*

  11. ah masak sih..kayaknya nggak percaya ah…

  12. Terlepas dari pentingya mengikuti apa yang dituturkan mas sandal di atas ,pokoknya sebagai anak jawa saya juga meyakini hal tersebut meski sekedar sebagai reffrensi untuk memahami persifatan seperti yang terurai……
    Tapi mas Katuranggan itu menurut bahasa saya saya maknai sebagai berikut
    Katurangganing wanito
    Ka : seperti apa
    Turangga : Jaran ,Kuda , Tumpakan ( kendaraan )
    ning : milik ( rasa yang di miliki )
    wanito : Perempuan
    Jadi bahasa genthone: Seperti apa rasa ( macam rasa) perempuan kalau di naikin hehehheee
    berdasarkan bentuk tubuhnya
    sampean rung tau numpak turonggo tooooo. turonggo seto……weh enak mas

  13. hmmm… kalo saya mah yang penting bahenol. montog. semog … cukup… 😀

  14. pantes status ym-mu akhir-akhir ini mellow… *lospokus*

  15. wah wah..sepertinya menarik niy. berarti tiap lekukan2 di fisik seorang wanita punya arti ya?? (halah..bahasaku aneh)

  16. ehmm..ehmmm….
    yang kombinasi gimana?

  17. @genthokelir: turangganing wanita berarti wanita yang enak ditunggangi??begitu mas??

    kadang memang perawakan sedikit banyak menunjukkan sifat, walaupun ngga mutlak..

  18. Err.. iya, jadinya piye?
    contohkannnn

    berarti ada katuranggan pria juga dong?

  19. Berarti lekukan wanita memang perlu diamati ya Yen?

  20. Mari kita sebut saja para wanita itu sebagai makhluk seribu misteri. 😛

  21. Btw, saya pikir tadi judulnya menunggangi wanita.

  22. praktek aja langsung jeng, lebih maknyus xixxixixix

  23. Apakah ini belaku juga untuk wanita non jawa? :p

  24. Ini masalah tunggang menunggang wanita yak??
    *clingak-clinguk*

  25. yang pernah saya tau katuranggan untuk jago adon, perkutut, merpati 😀

  26. ouw, brother!
    *tepokjidad*

  27. wah wanita menyimpan sejuta misteri ya,, tapi saya antara percaya ga percaya sih

  28. hahahahhaha bener kan? komene kang kelir itu lho…..
    jadi gimana? sepakat kalo perempuan=kuda?
    😀

  29. Kalo ilmu yang menjabarkan sifat berdasarkan fisik adalah katuranggan. Nah kalo yang menjabarkan sifat berdasarkan: bentuk lipstick, bentuk tanda tangan, masuk dalam ilmu apa dong?? (sambil garuk2 kepala…)

  30. tulisan ini nggak ada lanjutannya ya ? :)

  31. Postingan ini sangat sesuai dengan kategorinya… Tapi perkara tunggang-menunggang jangan kebanyakan, nanti sakit pinggang hehehe

Leave a Reply